Tips Kelola Keuangan Usaha yang Baik

Mengelola keuangan memang sangat penting untuk menunjang kemajuan suatu usaha, baik usaha kecil maupun usaha besar pasti sangat membutuhkan yang namanya pengelolaan keuangan usaha.

Jika suatu usaha tidak dikelola dengan baik, dapat dipastikan usaha tersebut dapat colaps alias bangkrut. Anda tidak menginginkannya bukan? Jika usaha yang sudah anda bangun susah payah dari nol, tiba – tiba mengalami kebangkrutan dikarenakan gagal pada bagian managemen keuangan?

Nah maka dari itu, kita harus pintar – pintar dalam mengatur segala urusan keuangan dalam bisnis yang kita jalankan. Bukan tak mungkin kebangkrutan bisa melanda siapa saja. Maka dari itu perhatikan dengan baik manajemen keuangan usaha mulai dari sekarang.

tips kelola keuangan usaha

Baiklah, seperti apa sih pengelolaan keuangan suatu usaha yang baik dan benar? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Dahulukan kepentingan Yang Mendasar

Yang paling utama dan mutlak untuk dilakukan adalah anda harus paham apa saja kebutuhan pokok anda dan juga harus dipahami arah uang tersebut akan diarahkan untuk tujuan apa. Supaya keuangan tersebut bisa diatur dengan baik.

Singkatnya seperti ini, kamu harus mencatat kebutuhan dasar kamu di notes atau buku catatan usaha kamu, usahakan catatan tersebut dapat terlihat jelas dan tanamkan pada pikiranmu untuk fokus membeli barang tersebut dan bukan yang lain.

Jika barang tersebut sudah terbeli dan mungkin masih ada sisa kembalian belanja barang tersebut, maka usahakan tabungkan uang tersebut. Untuk jaga – jaga kebutuhan usaha yang akan datang.

2. Buatlah Rancangan Rencana Keuangan

Tips kelola keuangan usaha yang selanjutnya adalah membuat sebuah notulen keuangan. Catatan ini sangatlah penting untuk memastikan lancarnya keuangan sebuah usaha, meskipun oleh sebagian orang catatan atau notulen keuangan banyak dihiraukan, akan tetapi sebenarnya catatan ini sangatlah penting untuk mengatur keuangan bisnis.

Notulen keuangan bukan hanya diterapkan untuk usaha yang berada di kantoran saja, namun usaha perorangan juga sudah semestinya memiliki sebuah catatan keuangan.

3. Cari Penghasilan Sampingan

Tips kelola keuangan usaha yang satu ini sangat efektif untuk membantu mengatur keuangan usaha anda, karena dengan mencari penghasilan sampingan atau tambahan dapat meringankan keuangan usaha anda menjadi lebih longgar.

Cara yang satu ini cocok dilakukan jikaanda memiliki suatu usaha dan masih memiliki banyak waktu luang, waktu inilah yang dapat anda manfaatkan untuk memperoleh pemasukan yang lebih dari usaha atau pekerjaan lain.

Dalam memilih suatu pekerjaan atau usaha sampingan carilah yang sesuai dengan passion anda. Jadi anda tidak merasa tertekan jika harus bekerja lebih lama lagi dengan mencari penghasilan tambahan ini. Jadi untuk tips yang terakhir ini anda harus pikirkan kembali apakah pekerjaan atau usaha baru ini akan mengganggu usaha utama atau tidak.

Tips Kelola Keuangan Usaha yang Baik | Alternatif Bisnis | 4.5