15 Peluang Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga saat ini menjadi pilihan bagi kaum hawa untuk membantu pemasukan keluarga dan meringankan beban suami, ada banyak jalan yang dapat dilakukan oleh seorang isteri untuk membantu pemasukan keluarga. Bisa dari hobi ataupun peluang yang ada di sekitar kita.

Ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan puluhan juta hingga ratusan juta dari rumah, jadi para ibu rumah tangga tidak perlu keluar rumah untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis. Hanya dengan duduk manis di depan Handphone ataupun Laptop sudah bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis.

Menjalankan Bisnis dari Rumah bukanlah hal yang sulit apalagi ribet, karena semua teknis bisnis ada di tangan kita sendiri, jadi semua hal apapun kita yang menentukannya. Jadi kesuksesan Bisnis Ibu Rumah tangga ada ditangan Ibu itu sendiri, tergantung bagaimana pengelolaan dan manajemennya seperti apa.

Bisa telaten dan tekun atau tidak. Jika kedua hal tersebut sudah ada dalam diri kamu maka sudah dapat dipastikan kamu bisa memperoleh kesuksesan jika memulai usaha bisnis rumahan.

Penasaran apa saja bisnis sampinga yang cocok untuk ibu rumah tangga? berikut akan dibahas satu per satu peluang usaha menguntungkan saat ini.

Daftar bisnis samping ibu rumah tangga yang Paling Menguntungkan.

1. Membuka Online Shop

online shop

Semakin banyaknya pengguna internet menjadikan peluang yang sangat menggiurkan di bidang penjualan secara online. Saat ini sudah banyak tersedia toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD.ID, BliBli.com, Lazada dan lain sebagainya.

Dengan munculnya situs-situs market place tersebut kita memiliki peluang yang besar di bidang e-commerce yang bisa menghasilkan omset puluhan juta hingga ratusan juta rupiah per bulannya, wow ini dia bisnis sampingan ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan.

Namun jika kamu ingin membuka Toko Online yang mandiri, kamu bisa mencoba menggunakan Instagram sebagai sarana penjualan produk kamu, maupun sosial media lainnya. Namun menurut para ahlinya tempat yang sangat cocok untuk berjualan adalah di Instagram. Karena sosial media yang satu ini adalah tempat untuk berbagi foto, maka sangat cocok untuk menampilkan katalog produk dagangan kita disini.

Kemudian jika tidak ingin ribet balesin chat yang membludak, kamu bisa memakai website toko online sendiri. Saat ini banyak kok jasa pembuatan website Toko Online. Ya hanya saja untuk yang satu ini tidaklah gratis, namun ini akan mempermudah transaksi dengan pelanggan nantinya.

2. Dropship Pakaian atau Kosmetik

bisnis dropship

Semakin banyaknya Toko Online yang bertebaran di Internet, membuka peluang bagi Ibu Rumah Tangga yang ingin berjualan namun tidak memiliki produk dagangan. Ya kamu adalah seorang ibu rumah tangga, ingin memiliki penghasilan dari berjualan secara online? Namun tidak memiliki produk sama sekali?

Tenang kita bisa memanfaatkan sistem penjualan online yang dinamakan DROPSHIP. Apa itu Dropship?

Dropship adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Dalam sistem ini, akan sangat dibutuhkan seorang supplier sebagai pemasok barang. Penjual akan memajang foto-foto barang dagangan supplier di website atau akun media sosial sebagai tempat berjualan. Jika ada pembeli yang memesan, maka penjual cukup meneruskannya pada supplier. Berikan data-data pembeli seperti nama, alamat, pesanan serta nomor telepon disertai pembayaran barang pada supplier. Selanjutnya, supplier yang akan mengirim barang tersebut pada pembeli atas nama penjual. Keuntungan penjual akan didapatkan dari selisih antara harga beli produk dari supplier serta harga jual pada pembeli. (menurut Kudo.co.id)

Jadi dengan sistem dropship ini kita hanya bertugas memasarkan produk dari supplier dan untuk urusan stok barang dan pengiriman semua ditanggung oleh supplier. Dengan sistem ini kamu juga akan memilki nama, karena nama pengirim akan ditulis nama kamu atau nama toko kamu.

3. Membuka Bisnis Katering

Bisnis Katering

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi memasak. Bukan hanya hobi saja namun rasanya juga harus dapat diprioritaskan. Karena hal ini menyangkut pada reputasi usaha kamu nantinya.

Karena semakin baik reputasi bisnis Katering kamu semakin banyak pula pesanan yang akan diterima kamu nantinya. karena bisnis seperti ini biasanya menyebar dari mulut ke mulut.

Jika kalian amati saat ini bisnis Katering sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan besar, biasanya adalah untuk memenuhi menu makan siang jika ada suatu acara besar dan penting. Jadi mereka tidak perlu menyewa koki sendiri, mereka pastinya akan mencari alternatif lain melalui jasa Katering, karena biaya pengeluarannya yang relatif lebih kecil.

Ditambah lagi ibu rumah tangga saat ini sudah banyak bekerja di luar dan mungkin untuk memasak mereka kerepotan dan tidak punya banyak waktu untuk mengurusinya.

Nah bisnis Katering juga nantinya yang akan menjadi alternatifnya. Jadi peluang Bisnis Katering adalah bisnis yang menjanjikan, baik usaha di kampung, desa berkembang maupun untuk kota besar.

4. Bisnis Jualan Kue dan Cake

bisnis kue dan roti

Salah satu peluang bisnis sampingan kue dan cake sangat menjanjikan loh, banyak para artis tanah air berbondong-bondong mencoba menggeluti bisnis jualan Kue dan Cake. Karena mereka melihat peluang yang besar pada bisnis yang satu ini.

Bisnis Jualan Kue dan Cake bisa menjadi alternatif bisnis yang cukup menjanjikan, mengingat penikmat Kue, mulai dari Anak-anak hingga dewasa.

Bisnis kue dan cake akan sangat laris pada desa yang maju ataupun daerah perkotaan. Dan untuk di desa atau kampung sepertinya peminatnya masih belum begitu banyak, namun tidak ada salahnya utntuk mencoba.

5. Membuka Bisnis Laundry

Bisnis Laundry

Seiring berkembangnya zaman manusia sangat sibuk dengan urusan bisnis mereka. Bukan hanya di kota, di desa pun kini Bisnis Laundry sangat diburu dan menjadi peluang bisnis sampingan ibu rumh tangga selanjutnya.

Bisnis yang satu ini biasanya diserbu oleh masyarakat yang sibuk dengan urusan pekerjaan dan bisnis yang tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

Selain itu jika rumah kamu dekat dengan kost-kostan, usaha laundry ini akan sangat laris pokoknya. Apalagi kalau yang ngekost anak-anak PKL an atau Mahasiswa. Biasanya mereka sangat sungkan dan malas untuk mencuci pakaiannya sendiri dan memilih untuk mencucinya ke jasa pencucian pakaian (Laundry).

6. Bisnis Bunga dan Tanaman Hias

Bisnis Bunga dan Tanaman Hias

Pernah mendengar ibu rumah tangga yang sukses berwirausaha hanya dengan memanfaatkan halaman dan pekarangan rumah saja dan bisa memperoleh keuntungan yang bombastis. Ya mereka memanfaatkan halaman dan pekarangan mereka untuk membudidaya bunga dan tanaman hias.

Peluang bisnis yang satu ini bila dilihat adalah bisnis jangka panjang dan tidak ada matinya. Saat ini banyak sekali ibu rumah tangga yang ingin merias rumah mereka dengan aneka tanaman dan bunga yang cantik.

Kita bisa memanfaatkan ide bisnis ini untuk dijadikan bisnis sampingan ibu rumah tangga dan untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual tanaman hias kita. Apalagi kalau kita menanam tanaman hias yang langka, pastinya harganya juga akan sangat mahal.

7. Reseller Kosmetik

Bisnis Kosmetik

Emak Jaman Now sangat memprioritaskan penampilan wajah daripada isi dompet. Karena mereka ingin terlihat menarik dan sebagai ajang untuk ber-selfie, untuk memenuhi akun sosial media mereka.

Dengan melihat peluang bisnis ini maka menjadi reseller kosmetik menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Bisnis sampingan ibu rumah tangga ini beda dengan Dropship loh ya. Jika Dropship kita tidak memegang barang, namun jika bisnis Reseller maka kita memegang penuh stok barang yang kita miliki. Karena kita menyetok barang terlebih dahulu.

Untuk memulai bisnis yang satu ini kamu bisa mencari supplier atau distributor kosmetik terpercaya di kota kamu.

8. Bisnis Agen Pulsa Elektrik

Bisnis Agen Pulsa Elektrik

Semakin canggihnya teknologi pulsa elektrik menjadi kebutuhan yang wajib bagi ibu rumah tangga. Salah satu sektor penjualan pulsa elektrik adalah Paket Data, Pulsa Seluler dan Juga Token Listrik.

Ketiga Pulsa Elektrik diatas adalah salah satu yang saya rasa paling laris dan banyak peminatnya. Karena listrik sekarang aja udah banyak yang pakai meteran dengan pulsa / token.

Kemudian Pulsa juga sangat dibutuhkan untuk saling berkomunikasi baik untuk telpon maupun SMS.

Selanjutnya Paket Data, yang satu ini juga menjadi salah satu buronan para ibu rumah tangga yang eksis di sosial media. Gak mau ketinggalan update, pastinya paket data harusnya selalu tersedia dong. Apalagi Telepon dan SMS sudah mulai ditinggalkan dan kebanyakan lebih memilih aplikasi Messenger seperti BBM dan WhatsApp untuk melakukan Chatting. Maka sudah dapat dipastikan kebutuhan paket data internet mereka sangat banyak dan menjadi salah satu peluang bisnis rumahan yang sangat menjanjikan di era teknologi saat ini.

Biasanya kebanyakan yang menjalani bisnis ini adalah laki-laki namun masih cocok kok untuk ibu rumah tangga. Tak ada salahnya mencoba, siapa tahu yang jual perempuan jadi tambah laris deh Pulsanya.

Untuk menjadi Agen Pulsa Elektrik saat ini sudah banyak kok jasa Depositnya dan biasanya Satu Kartu untuk semua operator dan semua layanan pulsa elektrik.

9. Bisnis Salon Kecantikan

Bisnis Salon Kecantikan

Peluang Usaha Bisnis Salon sepertinya tidak ada matinya, jika di atas sudah dijelaskan bisnis reseller kosmetik, maka ini masih ada hubungan dengan bisnis tersebut yaitu bisnis Salon. Para bunda pasti tidak mau kan penampilannya dianggap tidak menarik dan kudet.

Sekarang Salon menjadi rumah kedua untuk para ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan penampilan mereka. Layanan Salon paling diminati adalah perawatan wajah dan rambut.

Penentuan lokasi yang strategis akan mempengaruhi kinerja dari bisnis salon ini.

10. Bisnis Jasa Jahit Pakaian

Bisnis Jasa Jahit Pakaian

Salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk bisnis sampingan ibu rumah tangga adalah dengan membuka Jasa Jahit Pakaian. Kebanyakan jasa penjahitan pakaian sangat diburu jika mendekati hari raya idul fitri yang notabenenya gaya hidup masyarakat indonesia memakai pakaian baru.

Tak hanya membeli pakain siap pakai yang sudah jadi, sebagian keluarga memilih untuk memakai baju keluarga yang sama dan biasanya untuk membuat pakaian atau baju keluarga ini agar seragam para keluarga mencari jasa penjahitan pakaian.

Kedua peluang pemasukan yang besar adalah ketika awal masuk sekolah, bisanya banyak para ibu membelikan baju baru untuk anaknya yang baru masuk sekolah atau mengganti pakaian anaknya yang sudah kekecilan.

Jadi pintar-pintarlah dalam memilih peluan bisnis ini ya, tapi selain kedua hal diatas bisnis jahitan pasti tidak akan pernah ada sepinya.

11. Bisnis Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan

Sesuatu yang unik dan kreatif menjadi primadona bagi semua orang. Tak sedikit karya unik dari kerajinan tangan yang dihargai puluhan juta sampai ratusan juta karena keunikan dan nilai kreatifitasnya yang tinggi.

Jika kamu memiliki ketlatenan dan kreatifitas yang tinggi kamu bisa mencoba membuat karya kerajinan tangan yang unik dari bahan-bahan yang ada disekitar. Bisa dari barang yang sudah tidak terpakai dan nantinya bisa untuk menghasilkan uang.

12. Bisnis Kuliner

bisnis kuliner

Lidah orang indonesia selalu penasaran akan masakan yang aneh dan belum pernah dicicipinya, tak sedikit mereka yang suka traveling rela berkorban jauh-jauh demi mencicipi masakan khas daerah di seluruh indonesia.

Jika di daerah kamu memiliki masakan khas yang memiliki rasa dan citarasa yang bikin lidah bergoyang tidak ada salahnya jika kamu memulai bisnis kuliner di daerah kamu dan jangan lupa juga mempromosikannya ke luar daerah. Apalagi sekarang zamannya sosial media, mempromosikan apa saja sekarang sudah sangat mudah.

Jika kamu sudah dapat mempromosikan bisnis kuliner tersebut maka warung atau kedai kamu akan dibanjiri konsumen dari berbagai daerah yang penasaran akan masakan kuliner khas daerah kamu.

13. Bisnis Juice dan Es Campur

Bisnis Juice dan Es Campur

Bisnis sampingan ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah tentang minuman nih guys. Peluang yang satu ini sangat cocok jika sedang musim panas, kalau lagi musim hujan sepertinya peminatnya kurang. Namun namanya bisnis ada kalanya rama dan juga sepi.

Selain pada musim kemarau, jenis usaha ini cocok untuk jualan saat bulan Ramadhan bisa untuk menemani takjil saat berbuka puasa.

Jika membuka bisnis ini pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Utamakan di pinggir jalan yang ramai, dekorasi sedemikian rupa agar nantinya banyak pengguna jalan yang mampir ke kedai Minuman kamu.

Apablia kamu membuka Bisnis Juice dan Es Campur ini saya punya saran es campur yang paling laris biasanya adalah Es campur dengan buah Durian dan Mangga.

14. Bisnis Ternak Ayam Kampung

Bisnis Ayam Kampung

Bisnis Ternak Ayam Kampung bisa dibilang masih menggiurkan loh bunda, mengingat saat ini sudah banyak rumah makan yang menyediakan ayam kampung sebagai salah satu menu makanannya. Ayam kampung dikenal kebih enak dan gurih serta memiliki citarasa yang lebih enak jika dibandingkan ayam pedaging broiler.

Untuk memulai bisnis ternak ayam juga tidak sulit karena makanan ayam kampung tidak neko-neko dan aneh. Karena makanan yang disukai manusia biasanya juga disukai oleh ayam kampung.

Harga Ayam Kampung juga memiliki harga yang cukup tinggi jika dibandingkan ayam broiler untuk per kilogram nya. Untuk masalah daya tahan ayam kampung juga lebih kebal dibandingkan ayam petelur ataupun pedaging. Karena ayam kampung terbebas dari segala obat-obatan. Tak heran jika banyak orang-orang kota yang mencari ayam kampung untuk dijadikan menu makanan karena lebih sehat dibandingkan ayam broiler.

Ada dua pilihan jika kamu ingin memulai bisnis ayam kampung.

1. Yang pertama adalah dengan sistem Umbaran. Yang dimaskud umbaran adalah kita memlihara ayam dengan melepasnya di alam bebas atau di sekitar rumah tanpa menggunakan kandang. Cara ini bisa dibilang lebih hemat biaya, namun masih ada resiko dimakan binatang buas.

2. Yang kedua adalah dengan sistem Peternakan. Jadi kita harus menyediakan kandang dan juga pakan setiap harinya. Namun dengan cara ini menurut saya kualitas ayam kampungnya kurang bagus dan lebih mudah terjangkit penyakit seperti ayam broiler daripada ternak ayam dengan sistem umbaran.

Dengan melihat kedua sistem diatas, ada kelebihan kekurangannya. Yang pertama kelebihannya ayam lebih sehat dan juga biaya untuk melakukan ternak dengan sistem ini sangatlah minim. Namun memiliki resiko dimakan binatang buas atau jika di deat jalan raya bisa dimakan motor (alias ditabrak kendaraan yang lewat) 😀

Untuk cara yang kedua bisa dibilang memiliki tingkat modal yang lumayan, karena kita harus menyediakan kandang, pakan dan harus mengurusinya setiap hari.

Silakan tentukan sendiri mau pakai sistem ternak ayam kampung yang mana.

15. Bisnis Ternak Ikan

bisnis ternak ikan

Bisnis ternak ikan bisa menjadi peluang bisnis sampingan ibu rumah tangga, terlebih lagi jika bunda memiliki usaha warung makan ataupun kedai. Dengan memiliki kolam sendiri stok ikan dapat selalu terpenuhi.

Namun kalau tidak memiliki warung ataupun kedai, jika ingin menjual ikan dari ternak juga sangatlah mudah banyak rumah makan yang sangat membutuhkan pasokan ikan untuk memenuhi kebutuhan menu makan tersebut.

Ikan yang paling laris di pasaran diantaranya adalah Ikan Lele, Ikan Mujaer, Ikan Gurame, Ikan Patin, Ikan Nila dan masih banyak jenis ikan yang lainnya.

Silakan anda pilih sendiri Peluang Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga yang sudah saya sebutkan di atas, jika ada ide atau peluang usaha yang menjanjikan lainnya akan saya tambahkan pada artikel selanjutnya. Jadi jangan sampai ketinggalan artikel terbaru lainnya dari Blog Alternatif Bisnis.

Semua kesuksesan bisnis diawali dari diri sendiri, pilihlah salah satu jenis bisnis dan mulailah menekuni dan fokus pada bidang bisnis tersebut. Pasti pendapatan kamu dari bisnis tersebut akan meningkat seiring berjalannya waktu, tinggal bagaimana kita mensyukurinya.

15 Peluang Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga | Alternatif Bisnis | 4.5